Sekretaris

Sekretaris mempunyai tugas melaksanakan pembinaan administrasi dan memberikan pelayanan teknis administratif kepada Camat dan semua unsur perangkat kecamatan;
Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Sekretaris mempunyai fungsi :

  • pengoordinasian perencanaan dan pelaksanaan program kerja Kecamatan;
  • pengelolaan administrasi umum dan perkantoran meliputi ketatausahaan, ketatalaksanaan, kepegawaian, kepustakaan dan kearsipan, penyediaan sarana dan prasarana kerja serta rumah tangga Kecamatan;
  • pelaksanaan pembinaan pola hubungan kerja, baik internal maupun lintas Kecamatan;
  • pengoordinasian kegiatan kehumasan dan keprotokolan serta pengelolaan data dan informasi Kecamatan;
  • pengoordinasian  pelaksanaan  analisis  jabatan,  analisis  beban  kerja  dan standar kompetensi jabatan pada Kecamatan;
  • Pelaksanaan pengelolaan keuangan    dan barang milik daerah pada Kecamatan;
  • pelaksanaan Akuntabilitas Kinerja Kecamatan;
  • pengoordinasian pelaksanaan pemungutan atas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan/atau retribusi daerah di wilayah kerja kecamatan serta pelaksanaan terhadap petugas pemungut pajak di kecamatan dan kelurahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  • pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan program kerja Kecamatan; dan
  • pelaksanaan fungsi dinas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sekretaris, membawahi :

Sub Bagian Tata Usaha, mempunyai tugas :
a.    menghimpun dan menelaah peraturan    perundang-undangan, petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lain berkaitan dengan Subbagian Tata Usaha;
b.    menyusun rencana program dan    kegiatan serta pelaksanaan pada Subbagian Tata Usaha;
c.    membagi tugas, memberi petunjuk dan mengevaluasihasil kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas;
d.    melaksanakan administrasi umum meliputi ketatausahaan, ketatalaksanaan, kepegawaian, kepustakaan dan tata kearsipan Kecamatan;
e.    mengoordinasikan penyusunan analisis jabatan, analisis beban kerja dan standar kompetensi jabatan pada Kecamatan;
f.    Melaksanakan koordinasi dan penyusunan Standar Pelayanan Publik (SPP);
g.    melaksanakan fasilitasi pengukuran Survey Kepuasan Masyarakat (SKM);
h.    melaksanakan koordinasi dalam penyusunan Standar Operasional Prosedur kerja Kecamatan;
i.    melaksanakan  kegiatan  kehumasan  dan  keprotokolan  serta  pelayanan penerimaan tamu Kecamatan;
j.    melaksanakan pengurusan perjalanan dinas, kebersihan kantor, serta pelayanan kerumahtanggaan lainnya;
k.    Penyusunan dan penyampaianlaporan penyelenggaraan pemerintah daerah;
l.    melaksanaan pemungutan, penyetoran dan pelaporan atas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di wilayah kerja kecamatan serta pelaksanaan pembinaan terhadap petugas pemungut pajak di kecamatan dan kelurahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
m.    melaksanakan pemantauan dan pengevaluasian pelaksanaan program dan kegiatan Subbagian Tata Usaha;
n.    Menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan serta realisasi anggaran Subbagian Tata Usaha; dan
o.    melaksanakan tugas dinas lain yang diberikan oleh Sekretaris Kecamatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sub Bagian Program dan Keuangan, mempunyai tugas :
a.    Menghimpun dan menelaah peraturan perundang-undangan, petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lain berkaitan dengan Subbagian Program dan Keuangan;
b.    menyusun rencana program dan kegiatan serta pelaksanaan pada Subbagian Program dan Keuangan;
c.    membagi tugas, memberi petunjuk dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas;
d.    mengoordinasikan penyusunan perencanaan program dan kegiatan Kecamatan;
e.    pengadministrasian penerimaan dan penyetoran retribusi dan/atau lain-lain pendapatan yang sah;
f.    melaksanakan Akuntabilitas Kinerja Kecamatan;
g.    melaksanakan monitoring, evaluasi, pengendalian dan pelaporan pelaksanaan program dan kegiatan Kecamatan;
h.    Melaksanakan pengajuan, perubahan, pemotongan, dan  pendistribusian gaji pegawai;
i.    Mengoordinasikan pelaksanaan tugas satuan pengelola keuangan dan barang milik daerah pada Kecamatan;
j.    pelaksanaan penyelesaian terhadap hasil pemeriksaan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP);
k.    melaksanakan monitoring, evaluasi, pengendalian dan pelaporan realisasi anggaran Kecamatan;
l.    Menyusun laporan    pertanggungjawaban atas pelaksanaan pengelolaan keuangan Kecamatan;
m.    Melaksanakan pemantauan dan pengevaluasian pelaksanaan program dan kegiatan Subbagian Program dan Keuangan;
n.    Menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan serta realisasi anggaran Subbagian Program dan Keuangan; dan
o.    melaksanakan tugas dinas lain yang diberikan oleh Sekretaris Kecamatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.