BERITA KECAMATAN

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 Tingkat Kelurahan di Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo

KELURAHAN – Kebonsari Kulon menjadi penutup pada pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 tingkat Kelurahan di Kecamatan Kanigaran. MUSRENBANG tingkat Kelurahan dilaksanakan di pertengahan bulan Januari, diawali Kelurahan Tisnonegaran (20/1), kemudian Kelurahan Kebonsari Wetan (25/1), Kelurahan Sukoharjo (28/1), Kelurahan Kanigaran (2/2), dan Kelurahan Curahgrinting (4/2).

MUSRENBANG saat ini sangat berbeda dari MUSRENBANG tahun kapanpun, dikarenakan peserta dibatasi hanya perwakilan dari setiap kelompok masyarakat, menggunakan masker, letak kursi yang berjarak dan sebelum masuk ruangan harus mencuci tangan dengan air mengalir ditambah sabun/handsanitizer. Semua itu penerapan Protokol Kesehatan COVID-19, walaupun Protokol Kesehatan diterapkan partisipasi warga disetiap Kelurahan tidak menurun dalam hal mengutarakan aspirasi mereka.

MUSRENBANG RKPD Tahun 2022 Kelurahan Kebonsari Wetan

   Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Kelurahan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholders) kelurahan untuk menyepakati Rencana Kerja Kelurahan (RENJA Kelurahan) tahun anggaran berikutnya. Musrenbang kelurahan dilakukan setiap bulan Januari dengan mengacu kepada dokumen Rencana Strategis (RENSTRA) Kelurahan.

   Musrenbang adalah forum perencanaan (program) yang diselenggarakan oleh Lembaga Publik yaitu pemerintah Kelurahan bekerjasama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya. Musrenbang yang bermakna, akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan kelurahan, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tersedia baik dari dalam maupun dari luar kelurahan.

   Pembangunan tidak akan bergerak maju apabila salah satu saja dari Tiga Komponen Tata Pemerintahan (Pemerintah-Masyarakat-Swasta) tidak berperan atau berfungsi. Karenanya, MUSRENBANG juga merupakan forum pendidikan warga agar menjadi bagian aktif dari tata pemerintahan dan pembangunan.

MUSRENBANG RKPD Tahun 2022 Kelurahan Sukoharjo

Payung Hukum untuk pelaksanaan MUSRENBANG diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, yang secara teknis pelaksanaannya diatur dengan Surat Edaran Bersama (SEB) Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dan Menteri Dalam Negeri tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Musrenbang.

MUSRENBANG RKPD Tahun 2022 Kelurahan Kanigaran

Warga silahkan mengusulkan seluruh aspirasinya, Kami akan memilah-memilih aspirasi tersebut sesuai degan Prioritas dan lingkup pada tingkatannya, MUSRENBANG itu ada Tiga Tingkatan: Kelurahan, Kecamatan dan Kota / Kabupaten. Jadi, apabila aspirasi Bapa / Ibu tidak masuk di tingkat Kelurahan, maka Kami ajukan ke tingkatan atasnya sesuai prioritas dan lingkupnya.

Sekarang, seluruh aspirasi warga akan diakses melalui SIPD (Sistem Informasi Pembangunan Daerah) oleh Pemerintah dan Masyarakat agar aspirasi-aspirasi dapat dimasukkan dan dicocokkan ke rencana pemerintah daerah.

REY SUWIGTYO, S.Sos, M.Si (Ka. BAPPEDA-LITBANG Kota Probolinggo) dalam sambutannya
Tujuan Musrenbang Kelurahan
  1. Menyepakati prioritas kebutuhan / masalah dan kegiatan kelurahan yang akan menjadi bahan penyusunan Rencana Kerja Kelurahan dengan pemilahan sebagai berikut :
    • Prioritas kegiatan kelurahan yang akan dilaksanakan sendiri oleh kelurahan dan dibiayai melalui alokasi anggaran kelurahan atau dana swadaya masyarakat kelurahan;
    • Prioritas masalah dan kegiatan kelurahan yang akan diusulkan melalui Musrenbang kecamatan untuk menjadi kegiatan pemerintah daerah dan dibiayai melalui APBD kabupaten/kota atau APBD provinsi;
  2. Menyepakati Tim Delegasi kelurahan yang akan memaparkan persoalan daerah yang ada di kelurahannya pada forum Musrenbang kecamatan untuk penyusunan program pemerintah daerah / SKPD tahun.

Related Post