Musyawarah Awal Tahun nan Cerah, Kota Probolinggo Bangkit

Setahun penuh Dunia terkhusus Kota Probolinggo dilanda badai virus yang tiada henti dengan penuh duka cita, tahun 2022 Kota Probolinggo telah memasuki Zona Hijau akan tetapi Warga Kota Probolinggo tetap menerapkan hidup baru yang bersih dengan menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi diseluruh kalangan.

suasana rapat kordinasi
suasana rapat koordinasi

Rabu (12/1), Kecamatan Kanigaran diwakilkan oleh ibu Suharsih, S.Sos (Ka. Sie. Pemberdayaan Masyarakat), 6 Kelurahan dan Ketua LPM Kelurahan se-Kecamatan Kanigaran melaksanakan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) tingkat Kelurahan dan Kecamatan di Pendopo Kecamatan, pukul 13.00 WIB s.d. Selesai.

Adapun hasil dari Rapat Koordinasi sebagai berikut :

Jadwal Pelaksanaan Musrenbang tingkat Kelurahan :

  • Kel. Kanigaran            : Senin 17/1/’22, 13. 00 WIB s.d. Selesai
  • Kel. Curahgrinting      : Selasa 18/1/’22, 13 WIB s.d. Selesai
  • Kel. Sukoharjo             : Rabu 19/1/’22, 13.00 WIB s.d. Selesai
  • Kel. Tisnonegaran       : Kamis 20/1/’22, 13.00 WIB s.d. Selesai
  • Kel. Kebonsari Kulon  : Senin 24/1/’22, 13.00 WIB s.d. Selesai
  • Kel. Kebonsari Wetan : Rabu 26/1/’22, 08.00 WIB s.d. Selesai
  •  

Pelaksanaan Musrenbang tingkat Kelurahan :

  • Wajib menerapkan Protokol Kesehatan,
  • Pelaksanaan hanya 2 – 3 jam,
  • Prioritaskan Usulan yang sangat efektif dan unggul.

Sebelumnya, telah dilaksanakan Musyawarah di tingkat Rukun Warga (RW), yakni Pra-Musrenbang pada masing-masing Kelurahan. Hasil musyawarah dikompilasi dan disiapkan kemudian dilaporkan kepada Kecamatan. Salah satunya, Kelurahan Kanigaran yang telah melaksanakan Pra-Musrenbang di hari yang sama dengan waktu berbeda pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai. Hasil dari Pra-Musrenbang antara lain aspirasi, saran dan kritik dari warga langsung yang dimediasi oleh Kelurahan untuk membangun dan membangkitkan Kota Probolinggo.

Tahapan selanjutnya akan dilaksanakan Musrenbang Kelurahan, merupakan forum musyawarah antar para Pemangku Kepentingan  (Stakeholder) di Kelurahan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan masing-masing RW yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan di wilayah Kelurahan. Musrenbang RKPD di Kelurahan dikoordinasikan oleh Camat dan dilaksanakan oleh Lurah.

Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan / Perwakilan

Sila ke-4, Pancasila