BERITA KECAMATAN

MUSRENBANG RKPD Tahun 2022 Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo

Pendopo – Kecamatan kanigaran dipenuhi oleh beberapa Perangkat Daerah Kota Probolinggo dan Masyarakat, yakni Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian Dan Pengembangan (BAPPEDA-LITBANG), Dinas Koperasi Usaha mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perhubungan (DISHUB), seluruh Lurah-Ka. Sie. PEMMAS-TU se-Kecamatan Kanigaran, FK LPM Kecamatan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Forum Anak Kecamatan Kanigaran.

Pelaksanaan MUSRENBANG RKPD Tahun 2022 Kecamata Kanigaran di Pendopo sudah disesuaikan dengan Protokol Kesehatan, seperti pembatasan peserta, wajib bermasker bagi peserta, sebelum pelaksanaan para peserta wajib mencuci tangan, dan pengukuran suhu tubuh menggunakan Thermo-gun.

Peserta MUSRENBANG RKPD Tahun 2022 Kecamatan Kanigaran, Pendopo Kantor Kecamatan Kanigaran

   Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari desa/kelurahan, serta menyepakati rencana kegiatan lintas-desa/ kelurahan di kecamatan yang bersangkutan.

   Masukan itu sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada SKPD yang berwenang sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah kabupaten/kota pada tahun berikutnya. Musrenbang kecamatan dilakukan setiap tahun pada bulan Februari dengan luaran berupa Dokumen Rencana Pembangunan Kecamatan1 serta masukan untuk Renja SKPD Kecamatan.

   Lembaga penyelenggara Musrenbang kecamatan adalah kecamatan dan Bappeda. Kecamatan bertugas untuk menyiapkan teknis penyelenggaraan Musrenbang kecamatan serta mempersiapkan dokumen Rancangan Rencana Pembangunan Kecamatan. Bappeda bertugas untuk mengorganisasi penjadwalan seluruh Musrenbang kecamatan, mempersiapkan Tim Pemandu, dan dokumen-dokumen yang relevan untuk penyelenggaraan Musrenbang kecamatan.

   Musrenbang kecamatan tidak semata-mata menyepakati prioritas masalah daerah yang ada di desa/kelurahan yang di usulkan dari Musrenbang desa/ kelurahan, tetapi untuk menghasilkan prioritas masalah dan kegiatan yang menjadi urusan dan kewenangan wajib dan pilihan pemerintah daerah. Selain itu Musrenbang juga merupakan forum pendidikan warga agar menjadi bagian aktif dari tata pemerintahan dan pembangunan.

Tujuan dan Output MUSRENBANG Kecamatan

Secara umum, penyelenggaraan Musrenbang kecamatan ditujukan untuk menampung aspirasi dan masukan kegiatan pembangunan dari masyarakat di tingkat wilayah yang diselaraskan dengan rencana-rencana pembangunan yang sedang disusun oleh pemerintah daerah, baik yang bersifat sektoral maupun kewilayahan.  Keterlibatan  masyarakat  kecamatan/wilayah  dalam  proses perencanaan diharapkan dapat mengoptimalkan rencana pembangunan yang bisa menyelesaikan permasalahan dan kebutuhan masyarakat secara umum, khususnya yang berada di wilayah bersangkutan.

Tujuan Musrenbang kecamatan adalah:

  1. Menyepakati prioritas  program/kegiatan  pembangunan  di  wilayah kecamatan yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Kecamatan;
  2. Menyepakati Tim Delegasi kecamatan yang akan mewakili wilayah kecamatan dalam Forum SKPD.

Output Musrenbang kecamatan adalah:

  1. Rencana Pembangunan Kecamatan (RPK) berdasarkan masalah untuk tahun anggaran berjalan;
  2. Tim Delegasi kecamatan yang dilibatkan dalam forum Musrenbang yang lebih tinggi (3 orang atau 5 orang: bila 3 orang, minimal 1 orang perempuan; bila 5 orang, minimal 2 orang perempuan);

Terimakasih atas partisipasi, bantuan penginputan dan mengawal SIPD pada MUSRENBANG RKPD Tahun 2022 tingkat Kelurahan oleh teman-teman Kelurahan dan LPM Kelurahan.

Kami berharap pada MUSRENBANG RKPD Tahun 2022 tingkat Kecamatan ini Bapak dan Ibu hadirin dapat memberikan aspirasinya, bantuan dan pengawalan penginputan permasalahan pada warga Kanigaran ke SIPD, agar Kota Probolinggo khususnya Kecamatan Kanigaran semakin maju dan berkembang.

Camat Kanigaran Agus Rianto, S.STP., M.Si dalam sambutannya

Related Post