BERITA KECAMATAN

Lomba Taman Baca Masyarakat di Taman Posyandu Se-Kota Probolinggo

TP PKK – Taman Baca Masyarakat (TBM) merupakan salah satu alternatif sebagai pusat belajar dalam rangka meningkatkan minat membaca anak-anak yang merupakan program dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat (DITBINDIKMAS), Direktorat Jenderal pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (Dirjend PAUDNI), dan Kementerian pendidikan dan Kebudayaan RI. TBM diharapkan menjadi pusat sumber ilmu yang memiliki peran strategis untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki minat dan berbudaya baca (reading society).

arahan Ketua TP-PKK Kecamatan Kanigaran, Lucia Aries yulianti, S.STP, M.M

   TP PKK Kota Probolinggo mengadakan Lomba Taman Baca Masyarakat di Taman Posyandu yang dilaksanakan pada Kamis (12/11). Seluruh PKK Kelurahan yang berada di Kecamatan Kanigaran mengikuti Lomba TBM dengan antusias dan semangat. Berikut nama-nama TBM pada setiap Enam Kelurahan :

  • Kelurahan Tisnonegaran : Taman Posyandu Sumber Pacar (RW I);
  • Kelurahan Curahgrinting : Taman Posyandu Sedap Malam (RW IV);
  • Kelurahan Kebonsari Kulon : Taman Posyandu Bougenville (RW XVI);
  • Kelurahan Kanigaran : Taman Posyandu Tunas Muda (RW XII);
  • Kelurahan Kebonsari Wetan : Taman Posyandu Bougenville (RW III);
  • Kelurahan Sukoharjo : Taman Posyandu Sedap Malam (RW VI).

TBM masuk di Pokja II pada TP-PKK berperanserta dalam meningkatkan upaya pendidikan untuk mewujudkan sumber daya Manusia (SDM) yang berkualitas dalam usaha memenuhi kebutuhan Pendidikan Dasar melalui wajib belajar 12 tahun, dan pemberian ketrampilan keluarga dalam upaya peningkatan dan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui pengembangan ekonomi kreatif dan Usaha Mikro Kecil, serta pengembangan kehidupan berkoperasi.

Penilaian melalui Kuesioner yang akan diberikan oleh Panitia kepada para Peserta, Kuesioner ini dimaksudkan untuk memperoleh data lengkap pada TBM setiap peserta. Kuesioner tidak hanya berupa tulisan atau essay saja, ditambah dengan kuesioner pertanyaan lisan langsung dari Panitia ke Peserta.

Tujuan Taman Baca Masyarakat sebagai :

  1. Menjadi tempat mengumpulkan atau menghimpun informasi, dalam arti aktif, taman bacaan masyarakat tersebut mempunyai kegiatan yang terus-menerus untuk menghimpun sebanyak mungkin sumber informasi untuk di koleksi.
  2. Sebagai tempat mengolah atau memproses semua bahan pustaka dengan metode atau sistem tertentu seperti registrasi, klasifikasi, katalogisasi serta kelengkapan lainnya, baik secara manual maupuan menggunakan sarana teknologi informasi, pembuatan perlengkapan lain agar semua koleksi mudah di gunakan.
  3. Menjadi tempat memelihara dan menyimpan. Artinya ada kegiatan untuk mengatur, menyusun, menata, memlihara, merawat, agar koleksi rapi, bersih, awet, utuh, lengkap, mudah di akses, tidah mudah rusak, hilang, dan berkurang.
  4. Sebagai salah satu pusat informasi, sumber belajar, penelitian, preservasi serta kegiatan ilmiah lainya. Memberikan layaanan kepada pemakai, seperti membaca, meminjam, meneliti, dengan cara cepat, tepat, mudah dan murah.
  5. Membangun tempat informasi yang lengkap dan ”up to date” bagi pengembangan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan perilaku / sikap (attitude).
  6. Merupakan agen perubahan dan agen kebudayaan dari masa lalu, sekarang dan masa depan.
  7. Meningkatkan minat baca para Pengunjung, terkhusus untuk anak-anak.

Related Post