BERITA KECAMATAN

Validasi Calon Peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Penanganan Covid-19

KANIGARAN – Pendopo Kecamatan Kanigaran pada hari Kamis (23/7) dan hari Jumat (24/7) ada pelaksanaan Validasi Calon Peserta Program Keluarga Harapan (PKH) saat Penanganan COVID-19. Pelaksanaan Validasi PKH dibagi menjadi 2 (dua) hari dan di 2 (dua) tempat, yakni bagi warga Kelurahan Kebonsari Wetan cukup datang ke Kantor Kelurahannya dan Kelurahan lainnya di Pendopo Kecamatan Kanigaran, setiap harinya dilaksankan pada pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai. Keluarga yang mendaftarkan PKH di wilayah Kecamatan Kanigaran sebanyak 420 Kepala Keluarga.

Camat Kanigaran Agus Rianto memberikan sambutan saat pelaksanaan
Program Keluarga Harapan (PKH)

“Mohon Bapak dan Ibu Calon Peserta PKH ini agar melengkapi persyaratannya. Dan Kami mohon bagi Keluarga yang sudah keluar dari kategori Keluarga Miskin tidak mendaftarkan, agar pembagian bantuan sosial ini merata ke seluruh Keluarga Miskin di Kecamatan Kanigaran”

– kata Camat Kanigaran Agus Rianto dalam sambutannya

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat. Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama Ibu Hamil dan Anak berusia 0 (nol) s.d 5 (lima) tahun 11 (sebelas) bulan serta SD, SMP dan SMA. Peserta dapat memanfaatkan berbagai Fasilitas Layanan Kesehatan (FASKES) dan Fasilitas Layanan Pendidikan (FASDIK) yang tersedia di sekitar mereka. Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang Disabilitas dan Lanjut Usia (70 tahun keatas) dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya. (dilansir dari http://kemensos.go.id)

Peserta PKH harus terdaftar dan hadir pada fasilitas kesehatan dan pendidikan terdekat. Kewajiban Peserta PKH di bidang kesehatan meliputi pemeriksaan kandungan bagi ibu hamil, pemberian asupan gizi dan imunisasi serta timbang badan anak balita dan anak prasekolah. Sedangkan, kewajiban di bidang pendidikan adalah mendaftarkan dan memastikan kehadiran anggota keluarga PKH ke satuan pendidikan sesuai jenjang sekolah dasar dan menengah. Sedangkan untuk komponen kesejahteraan sosial yaitu penyandang Disabilitas dan Lanjut Usia 70 tahun keatas.

Bantuan sosial PKH terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu Bantuan Tetap dan Bantuan Komponen. Pemberian bantuan sosial PKH saat Penanganan COVID-19 dilaksanakan setiap 1 (satu) bulan sekali. Bantuan komponen diberikan maksimal untuk 4 (empat) jiwa dalam satu keluarga.

Indeks dan faktor penimbang Bantuan Sosial PKH dalam penanganan Covid-19 Tahun 2020 (Rp)/Bulan, sebagai berikut :

  • Ibu Hamil/Nifas : Rp. 250.000,-
  • Anak Usia Dini 0 s.d. 6 Tahun : Rp. 250.000,-
  • Pendidikan Anak SD/Sederajat : Rp. 75.000,-
  • Pendidikan Anak SMP/Sederajat : Rp. 125.000,-
  • Pendidikan Anak SMA/Sederajat : Rp. 166.000,-
  • Penyandang Disabilitas berat : Rp. 200.000,-
  • Lanjut Usia : Rp. 200.000,-

Related Post