BERITA KECAMATAN

Toreh! Jegeh Lingkungan Kanggui Ngindareh Benjir

“Setelah buang sampah, harap dibakar

KANIGARAN – Minggu (7/6) Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin melaksanakan gowes keliling Kota Probolinggo, dalam kesempatan itu beliau memantau dan mengecek aliran sungai yang berlokasi tersembunyi di Gang 7 (tujuh) Jl. Cangkring RT 01 RW 02 Kelurahan Kanigaran.

Pemantauan tersebut dilakukan sebagai langkah awal dalam mendeteksi bencana banjir mengingat terdapatnya sampah berserakan dan tanah longsor yang sudah menjadi sendimen di aliran sungai yang akan menjadi penyebab banjir.

Sampah dan Tanah menjadi Sendimen di aliran sungai

Langkah awal yang diambil oleh Camat Kanigaran Agus Rianto untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut, yakni melakukan peninjauan lokasi dan mitigasi banjir ke lokasi pada hari Kamis (16/7). Mitigasi adalah upaya yang dilakukan untuk mengurangi atau mencegah resiko dari bencana tersebut, baik itu melalui pembangunan fisik maupun peningkatan dan penyadaran kepada masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana.

Camat Kanigaran Agus Rianto bersama Kabid. SDA Dinas PUPR PERKIM Kota Probolinggo, Lurah Kanigaran dan beberapa Tokoh Masyarakat setempat meninjau dan mengecek kembali permasalahan yang ada di lokasi. Ternyata ditemukannya sampah yang berserakan, tanah longsor yang menjadi sendimen dan ada bilik WC umum di aliran sungai.

Bilik WC Umum di aliran sungai

Solusi yang diambil oleh Camat Kanigaran dari hasil peninjauan tersebut, yakni dalam waktu dekat Pemerintah Kecamatan Kanigaran dan Kelurahan Kanigaran bersama Warga setempat akan melaksanakan kerja bakti dan Dinas PUPR PERKIM Kota Probolinggo akan melaksanakan Padat Karya ketika PAK.

Kita hidup berdampingan dan saling membutuhkan, Pemerintah dari rakyat untuk rakyat oleh rakyat. Mari kita buang sampah pada tempatnya dan lakukan 3R (Reuse, Recycle dan Reduce) berskala rumah tangga. Toreh tretan, jegeh lingkungan kanggui ngindareh benjir.

Related Post