BERITA KECAMATAN

Pembagian Masker di Posyandu saat Penanganan Pandemik Covid-19

Pembagian masker gratis kepada Anak Kecil yang tidak memakai masker

Kanigaran – Posyandu merupakan perpanjangan tangan dari Puskesmas yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Kegiatan posyandu dilakukan oleh dan untuk masyarakat. Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan sistem pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia, secara empirik telah dapat memeratakan pelayanan bidang kesehatan. Kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pendidikan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu dan anak (Departemen Kesehatan, 1999).

Tujuan pokok dari Posyandu, antara lain untuk :

  1. Mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak,
  2. Meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak,
  3. Mempercepat penerimaan norma keluarga kecil bahagia sejahtera,
  4. Meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan kegiatan–kegiatan lain yang menunjang peningkatan kemampuan hidup sehat, pendekatan dan pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam usaha meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan kepada penduduk berdasarkan geografi,
  5. Meningkatkan dan pembinaaan peran serta masyarakat dalam rangka alih tekhnologi untuk swakelola usaha–usaha kesehatan masyarakat.
arahan Camat Kanigaran Posyandu Kel. Tisnonegaran RT/RW 4/5

Mulai awal bulan Agustus hari Senin (3/8/2020) sampai dengan hari Rabu (26/8/2020), pukul 07.30 WIB sampai dengan selesai setiap harinya. Kecamatan Kanigaran akan membantu Puskesmas dan Kelompok Masyarakat di seluruh Posyandu wilayah Kecamatan Kanigaran untuk membagikan masker secara gratis kepada seluruh masyarakat yang tidak menggunakan masker. Virus Covid-19 menyebar dengan sangat cepat dari manusia satu ke manusia lainnya melalui berbagai perantara maupun tidak perantara, baik tanpa sengaja melalui sentuhan, menyentuh benda yang sudah terkontaminasi virus, sampai pada infeksi karena droplet yang mengandung virus, dan bahkan udara sekalipun.

Kami harap bagi warga Kanigaran terutama Ibu-ibu dan Anak-anak yang akan Imunisasi di Posyandu agar mengenakan Masker, mencuci tangan pakai sabun dan mnegikuti protokol kesehatan. Hal itu membantu kami untuk mengurangi penyebaran virus Corona atau Covid-19

ujar Camat Kanigaran saat Pembagian Masker

Sebagian penderita virus Corona (Covid-19) ada yang hanya mengalami gejala ringan. Bahkan, tak sedikit pula yang justru tidak mengalami gejala sama sekali walaupun sudah positif terinfeksi virus Corona. Akan tetapi, pada beberapa orang, Covid-19 cenderung dapat menimbulkan gejala dan komplikasi penyakit yang lebih berat. Kelompok tersebut diketahui lebih rentan terinfeksi virus corona, kelompok itu yakni :

  1. Orang Lanjut Usia (LANSIA),
  2. Orang dengan riwayat penyakit tertentu,
  3. Tenaga Medis di Rumah Sakit dan Puskesmas, dan
  4. Anak-anak

Related Post