BERITA KECAMATAN

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Siswa Baru di SMA Negeri 1 Kota Probolinggo saat New Normal

Pemerintah Kecamatan Kanigaran memberikan edukasi kepada semua Siswa/i SMA Negeri 1 Kota Probolinggo
Pemberian edukasi kepada seluruh Siswa SMA Negeri 1 Kota Probolinggo oleh Pemerintah Kec. Kanigaran

CURAH GRINTING – Tahun ajaran baru 2020/2021 siswa sekolah diwajibkan melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sebagai pengganti Masa Orientasi Sekolah (MOS). Ketentuan MPLS untuk tahun ajaran ini masih mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 18 Tahun 2016. Perbedaan antara MPLS dan MOS menurut Permendikbud adalah : (1) Penyelenggara adalah Guru bukan Siswa Senior atau Alumni, (2) Seragam dan alat resmi sekolah, (3) Kegiatan dilakukan di Sekolah, (4) Kegiatan mengandung edukatif, dan (5) Tidak ada biaya administratif.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Wahid Wahyudi menjelaskan berdasarkan SK Bersama Empat Menteri, yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri dalam Negeri, kegiatan pembelajaran wajib dilaksanakan dengan metode jarak jauh baik Online maupun Offline. Khususnya bagi daerah yang berdasarkan kondisi penyebaran COVID-19 belum masuk kategori zona hijau.

Penerapan Protokol Kesehatan COVID-19 pada Warga SMAN 1 Kota Probolinggo

SMAN 1 Kota Probolinggo melaksanakan MPLS secara tatap muka ( Offline ), pelaksanaan MPLS tersebut didukung oleh Pemerintah setempat yakni Kecamatan Kanigaran yang berkontribusi dalam mengedukasi Protokol Kesehatan COVID-19 kepada seluruh warga SMAN 1 Kota Probolinggo.

Kecamatan Kanigaran menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di SMAN 1 Kota Probolinggo sebagai berikut (1) Pihak sekolah harus menyediakan saran untuk cuci tangan, (2) Menginstruksikan kepada warga sekolah melakukan cuci tangan, (3) Membersihkan ruangan dan lingkungan secara rutin (minimal satu kali sehari), (4) Melakukan pemindaian harian, (5) Wajib memakai Masker, (6) Penerapan Physical Distancing disetiap kegiatan baik dalam dan luar ruangan, (7) Memastikan makanan dan minuman yang dijual di koperasi sekolah, (8) Menginstruksikan warga sekolah untuk menghindari kontak fisik, (9) Menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, dan (10) Melarang berbagi makanan dan minuman

Related Post