BERITA KECAMATAN

Lokakarya Mini Tribulanan Lintas Sektor Tingkat Kecamatan

Pengarahan oleh Camat Kanigaran Agus Rianto, S.STP., M.Si

Kanigaran – Puskesmas Kanigaran berintegrasi dengan Kecamatan Kanigaran yang dikepalai oleh Camat Kanigaran Agus Rianto menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Mini Tribulanan Lintas Sektor tingkat Kecamatan, pada hari Selasa (28/7/2020). Mengundang Tiga Pilar, seluruh Lurah di wilayah Kecamatan Kanigaran, Ketua TP PKK Kecamatan Kanigaran dan se-Kelurahan di wilayah Kecamatan Kanigaran, Ketua FORKESSA Kecamatan Kanigaran dan se-Kelurahan di wilayah Kecamatan Kanigaran, KUA Kecamatan Kanigaran, PPKB Kecamatan Kanigaran, Perwakilan DINKES Kota Probolinggo, dan pihak yang terkait, di Pendopo Kecamatan Kanigaran.

Lokakarya Mini Lintas Sektor merupakan suatu ruang membangun komitmen dan menyatukan misi ditingkatan pemangku kepentingan. Camat sebagai Pemerintah Kecamatan, Lurah sebagai representasi masyarakat desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Puskesmas Kanigaran sebagai instasi kesehatan untuk sama-sama bersinergi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat bukanlah tanggung jawab penuh yang dilimpahkan kepada instansi kesehatan saja (Puskesmas atau Rumah Sakit), tapi tanggung jawab bersama secara kolektif semua elemen bangsa, baik yang memiliki keterkaitan langsung maupun tidak, karena kesehatan memiliki relasi dan dampak besar pada semua sektor, seperti ekonomi, pendidikan, sosial dan sebagainya. Semua hal tidak akan berjalan jika pelaku tidak fit atau sehat.

Tentu dalam menyikapi dan merespon permasalahan kesehatan harus keterlibatan semua pihak, semua elemen dan unsur terkait untuk bergandengan tangan, memperbaiki sistem dan merubah pola hidup sehat dimasyarakat, sehingga apa yang dicita-citakan bangsa dapat terwujud.

Setelah melaksanakan penggalangan kerjasama lintas sektoral sebagai tindaklanjut semangat kerjasama dalam Tim yang telah ditimbulkan dalam lingkungan sektor-sektor yang bersangkutan, perlu dipelihara dengan baik. Keberhasilan pembangunan kesehatan sangat membutuhkan dukungan lintas sektor. Setiap sektor perlu berkoordinasi sehingga dapat diperoleh hasil yang optimal. Maka, perlu dilakukan pemantauan pelaksanaan kerjasama lintas sektoral dengan lokakarya mini yang diselenggarakan setiap Tribulan atau tiga bulan yang disebut dengan Lokakarya Mini Tribulanan Linta Sektor.

Tahapan kegiatan Lokakarya mini Tribulanan lintas sektoral dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu:

1. Lokakarya Mini Tribulan yang Pertama

Merupakan Lokakarya penggalangan tim diselenggarakan dalam rangka pengorganisasian, agar dapar terlaksananya rencana kegiatan sektoral yang terkait dengan kesehatan. Pengorganisasian dilaksanakan sebagai penentuan penanggungjawab dan pelaksana setiap kegiatan serta untuk satuan wulayah kerja. Seluruh program kerja dan wilayah kerja Kecamatan dilakukan pembagian habis kepada seluruh sektor terkait, dengan mempertimbangkan kewenangan dan budang yang dimilikinya. Pelaksanaannya sebagai berikut :

(a) Masukan : Penggalangan tim yang dilakukan melalui dinamika kelompok serta informasi tentang program lintas sektor, kesehatan, kebijakan, program dan konsep baru;

(b) Proses : Inventarisasiperan bantu tiap sektor, analisis masalah peran bantu dari setiap sektor, dan pembagian peran tugas setiap sektor;

(c) Keluaran : kesepakatan tertulis dalam mendukung program kesehatan dan rencana kegiatan tiap sektor.

2. Lokakarya Mini Tribulanan Rutin

Merupakan lokakarya yang akan dilakukan setiap tribulan selanjutnya secara tetap. Pelaksanaannya sebagai berikut :

(a) Masukan : Laporan kegiatan pelaksanaan program kesehatan dan dukungan sektor terkait, inventarisasi masalah dari setiap sektor dalam pelaksanan, dan pemberian informasi baru

(b) Proses : Analisis hambatan dan masalah pelaksanaan program kesehatan, analisis hambatan dan masalah dukungan dari setiap sektor, merumuskan cara penyelesaian masalah, dan menyusun rencana kerja dan menyepakati kegiatan untuk Tribulan baru

(c) Keluaran : rencana kerja tribulan yang baru dan kesepakatan bersama.

Saat ini Camat Kanigaran Agus Rianto menyelenggarakan Lokakarya Mini Tribulanan yang Pertama dikarenakan adanya pandemik Covid-19 ini.

Related Post